Tamalanrea dan Buldoser Kapitalisme


 

Makassabicara.com-Tamalanrea adalah kawasan pendidikan di kota Makassar. Hal ini ditetapkan oleh peraturan daerah kota makassar nomor 06 tahun 2006 tentang rencana tata ruang wilayah kota makassar 2005-2015, rencana fungsi struktur tata ruang Kota Makassar telah ditetapkan dalam 9 (Sembilan) BWK yang didalamnya berdasarkan batas administrasi kecamatan dengan luas, fungsi utama dan fungsi penunjang. Daerah tamalanrea dengan Luas 3,184 ditetapkan denga fungsi utamanya yaitu Kawasan pendidikan tinggi dan pemukimana, sedangkan fungsi penunjangnya yaitu Industri, perdagangan, jasa pelayanan sosial/kesehatan/umum.

Hal ini menjadikan tamalanrea bertumbuh subur,kampus universitas Hasanuddin sebagai icon perguruan tinggi di Indonesia Timur berdiri kokoh disana. Kampus – kampus swasta pun bertumbuh subur, puluhan kampus pun betumbuh besar disana, sebut saja STMIK dipanegara,Universitas Islam Makassar (UIM), STMIK Akba, akbid sandi karsa, Stikes nani hasanuddin, STIK Tamalate, Politeknik Negeri Ujung Pandang dan berbagai kampus lainnya.

Rizal Pauzi,  Team Literasi Maros, Mahasiswa Pascasarjana UNHAS dan peneliti kebijakan publik pada Public Policy Network