Singara’na Lorongku: Habis Gelap Terbitlah Terang


Oleh Anca Syah
Makassar adalah merupakan sebuah Kota besar yang di himpit oleh berbagai suku budaya yang hadir didalamnya. Sebagai sebuah kota yang berpenduduk besar, tentunya mesti dilengkapi dengan infrastruktur yang layak seperti lampu penerangan jalan yang dapat membantu setiap aktifitas masyarakat pada malam hari, termasuk penerangan hingga lorong-lorong, gang-gang sempit, jalan-jalan setapak dan tempat-tempat yang rawan kejahatan. Namun terkadang kenyataan berkata lain, masih banyak jalan-jalan belum dilengkapi dengan penerangan yang mendukung.

Kehadiran Moh. Ramdhan Pomanto memberi warna tersendiri bagi perkembangan Kota Makassar yang cukup cepat. Berbekal pengalamanan masa kecil yang tumbuh dan besar di lorong di tengah Kota Makassar, Sang Arsitek memulai langkanya dengan sejuta ide yang  boleh dinyatakan berbeda dengan yang lain. Meski terbilang cukup asing tapi setiap kebijakan yang dicanangkan cukup berdampak pada berbagai sektor kehidupan.

Salah satu program unggulan pemerintah kota makassar adalah Singara’na Lorongta, program ini cukup berdampak dalam mengurai pelaku kejahatan Kota Makassar sehingga Masyarakat merasa aman dan nyaman.
Singara’na Lorongta merupakan program Sang Aristek Danny Pomanto bagaimana menerangi di setiap sudut-sudut Lorong-Lorong yang di Kota Makassar, sehingga masyarakat tidak lagi merasakan gelapnya sudut Kota Makassar. Akan tetapi masyarakat dapat sudah dapat menikmati indahnya lorong saat siang maupun malam hari. Sehingga ruang gerak warga dapat lebih terbuka dalam menjalankan aktifitas, termasuk bagi para pedagang yang menjual hingga larut malam.

Sejak di luncurkan pada tahun 2017 lalu, yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar serta bersinergi dengan 15 Kecamatan dan 153 Kelurahan. Program Singara’na Lorong’ta  mulai direalisasikan di setiap sudut-sudut lorong yang ada di Kota Makassar dan program ini sudah mulai di Nikmati Masyarakat di kota yang berjulu Angging Mammiri. Program ini dinilai cukup berhasil dan merupakan salah satu program unggulan pemkot makassar di bawah pimpinanan Moh. Ramdhan Pomanto, sehingga tak salah ketika menuai pujian oleh masyarakat di Kota Makassar.

Setelah terang apa lagi ?

Menciptakan kota damai dan aman dengan berpenduduk padat itu tidak semudah dengan apa yang menjadi bayangan kita bersama tentunya memerlukan kerja keras dan ketekunan, begitupun kerja sama dengan berbagai pihak. Sehingga tidak ada lagi tempat yang dapat digunakan untuk melakukan sesuatu yang bersifat negatif, khususnya bagi para remaja yang sering memanfaatkan situasi gelap untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat mencederai dirinya ataupun orang lain, sehingga hal tersebut juga berdampak pada lahirnya citra buruk bagi Kota Makassar.

Melalui pembenahan dan penerangan di setiap lorong di Kota Makassar, Pemerintah Kota Makassar telah mampu menekan tingginya angka kekerasan dan kegiatan yang bersifat negatif. Sehingga tercipta rasa aman dan nyaman yang merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi warga Makassar. Selain itu, warga juga dapat menjalankan aktifitas tanpa dibayang-bayangi ketakutan atau merasa diteror oleh pelaku-pelaku kejahatan.

Semoga Makassar akan menjadi ‘Kota Dunia Dan Nyaman Untuk Kita Semua’!!!