Flyboard First-time di Makassar, Kata Siapa??


Oleh : Acha Pallawaruka*

MakassarBicara.com-Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 2019 telah usai, namun hal ini tidak bisa hilang begitu saja dibenak pikiran masyarakat Kota Makassar untuk menanti F8 2020 mendatang.

Penyelenggaraan yang berlangsung di Center Point of Indonesia (CPI) tersebut melalui berbagai tantangan yang dihadapi pihak penyelenggara.

Selain pengalihan anggaran dari Pemerintah Kota Makassar yang tidak dicover lagi, lantaran dialihkan untuk pembangunan infrastruktur.

Juga tempat penyelenggaraan F8 yang dulunya dilakukan di City Of Makassar. F8 2019 mendapat tempat yang sangat tepat yang tak kalah Indah dengan penyelenggaraan F8 sebelumnya.

Meskipun tidak mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Kota Makassar beberapa waktu lalu. F8 hadir dengan konsep begitu spektakuler, beberbagai suguhan perfomance-pun turut dinikmati oleh masyarakat.

Berselang beberapa hari kemudian, tidak jauh dari tempat penyelenggaraan F8 yakni di Center Point of Indonesia (CPI). Pemerintah Kota Makassar menyelenggarakan Makassar Waterfront Sport Festival 2019.

Menurut Penjabat (Pj) Walikota Makassar Iqbal Suhaeb, Waterfront Sport Festival 2019 merupakan kegiatan bertaraf internasional yang dihadiri beberapa peserta dari berbagai negara.

Bahkan menurut Iqbal kegiatan tambahan dari lomba jetski Internasional tersebut yakni flyboard merupakan kali pertama di selenggarakan tidak hanya di Kota Makassar tapi Indonesia.

Namun, apa yang disebutkan Iqbal tersebut sedikit menggelitik, mengapa tidak? atraksi Flyboard dengan suguhan lampu yang berwarna-warni tersebut, seutuhnya telah hadir setiap penyelenggaraan F8.

Berarti, ungkapan yang digelontorkan Iqbal Suhaeb bahwa Flyboard belum ada di Indonesia yang merupakan “First Time” di Kota Makassar sepertinya tidak tepat.

Lantaran setiap perfomance penyelenggaraan F8 telah memadukan semua potensi kreatif mulai Fashion, Food, Fiction Writers & Fonts, Fine Art, Folks, Fusion Music, Flora & Fauna, dan Film termasuk pertunjukan jetski dan dan flyboard yang biasa dipertunjukkan pada malam hari dengan tampilan cahaya berwarna warni.

“Permainan Flyboard ini merupakan tambahan dari kegiatan lomba jetski Internasional yang kita selenggarakan, namun Flyboard yang dihiasi lampu-lampu ini merupakan penampilan pertama yang sebelumnya, belum ada di Indonesia “First Time” di Makassar,” ujar Iqbal beberapa waktu lalu.

Permainan Flyboard yang dihiasi lampu-lampu pada malam hari, menurut Iqbal hanya ada di Dubai. Dan pertunjukan tersebut tujuannya katanya hanya menghibur masyarakat serta menarik wisatawan, menghibur, dan kegiatan tersebut sesuatu yang spektakuler.

Penulis adalah mahasiswa dan warga kota Makassar